Taman di rumah memiliki banyak manfaat bagi penghuninya dan lingkungan sekitar. Oleh karenanya taman menjadi hal wajib yang disiapkan oleh pemilik rumah pada saat mendesain rumah tinggal. Taman dapat menjadi area bermain anak dan tempat untuk menjalin kedekatan dengan sesama anggota keluarga. Gazebo/saung bisa menjadi pelengkap di taman rumah untuk tempat bersantai.

Baca: Jenis Tanaman Pagar Yang Biasa Digunakan Tukang Taman Untuk Pembuatan Taman Hias Minimalis

Pembuatan taman hias kurang lengkap jika tidak ada jenis rerumputan di dalamnya. Adanya tanaman jenis rumput dimanfaatkan untuk menutup permukaan tanah sehingga terlihat seperti hamparan hijau nan indah dan asri. Dengan tertutupnya permukaan tanah oleh rumput maka bisa menjadi tempat yang aman dan nyaman bermain dengan anak atau bias dipakai bercengkerama di taman. Rasanya lebih terlihat indah jika space kosong taman rumah kita ditutup dengan rumput dibandingkan dengan paving block atau semen.

Pemilihan jenis rumput yang benar dan cocok bisa menekan kerugian pada saat pembuatan taman seperti matinya rumput. Rumput yang mati atau kondisinya layu malah akan terlihat mengotori dan merusak keindahan taman. Oleh karena itu konsultasikan penggunaan rumput taman yang cocok kepada tukang taman terbaik di lokasi Anda.

Berikut ini ada 7 jenis rumput yang biasa digunakan untuk taman hias dan cocok untuk iklim tropis di Indonesia.

Rumput Manila

jual rumput manila

Rumput Manila memiliki ciri khas yaitu warnanya yang hijau pekat dan tahan terhadap injakan kaki. Rumput Manila sangat baik untuk mencegah erosi tanah oleh hujan. Rumput Manila membutuhkan perawatan rutin supaya tumbuh dengan baik.  Rumput Manila biasanya dipakai dilapangan rumput sepakbola.

 

 

 

Rumput Gajah Besar

jual rumput gajah besar

Rumput Gajah sangat mudah ditanam dan harganya paling murah. Namun karena teksturnya yang kurang bagus karena ukuran helai daunnya yang besar dan kasar, rumput ini jarang digunakan untuk menghias taman. Kelebihannya, rumput gajah tahan pijakan kaki manusia dan dapat bertahan meskipun kekurangan air.

 

 

 

 

Rumput Gajah Mini

jual rumput gajah mini

Rumput gajah mini mempunyai pla pertumbuhan menyamping . Jenis rumput ini tidak memerlukan banyak perawatan dan tahan cuaca. Tekstur daunnya tidak tinggi. Rumput jenis ini menjadi favorit untuk pembuatan taman rumah.

 

 

 

 

 

Rumput Gajah Mini Varigata

jual rumput gajah mini varigata

Rumput gajah mini varigata biasa dikenal dengan rumput gajah mini putih. Ukurannya hampir sama dengan rumput gajah mini biasa. Ciri khasnya adalah terdapat pola bergaris putih pada daunnya. Ciri khasnya rumput ini memiliki bentuk yang cukup unik, tahan terhadap perubahan cuaca dan perawatannya tidak sulit.

 

 

 

 

Rumput  Peking (Rumput Jepang)

Rumput Peking memiliki tekstur yang mirip dengan rumput Manila. Rumput Manila memiliki bentuk tipis dan runcing , lebih rata, rapat dan halus. Karena bentuk yang tipis dan agak runcing, bila dipakai duduk seperti terasa sedikit tertusuk sehingga sedikit tidak nyaman.

 

 

Rumput Swiss

jual rumput swiss

Rumput Swiss tergolong rumput yang mahal karena rumputnya halus, rapat, dan rapi. Untuk perawatannya cukup banyak seperti harus rutin melakukan pemangkasan dan pemberian pupuk dan ketersediaan air harus cukup sehingga rumput dapat tumbuh lebat, halus dan rapi.

 

 

 

Rumput Golf

jual rumput golf

Rumah yang memiliki taman terlihat lebih indah, asri, sejuk dan enak dipandang. Rasanya betah sekali tinggal di rumah seperti ini. Salah satu komponen untuk mempercantik taman rumah adalah rumput.

 

 

 

 

 

Baca: Tips Memilih Tukang Taman Terbaik dan Profesional

Demikianlah ulasan jenis rumput yang paling sering digunakan dalam pembuatan taman hias. Jika anda membutuhkan jenis rumput di atas bisa melakukan pemesanan ke Jasatamanpro. Selain rumput hias di atas, tersedia juga tanaman hias, tanaman pagar, bonsai, dan pohon buah dan penghijauan.